Rabu, 12 Maret 2008

Entil Makanan Khas Pupuan Tabanan

Kebetulan saya asli Buleleng, jadi tiap kali pulang ke Pucaksari Busungbiu pasti melewati Pupuan. Nah di Pupuan itu ada makanan khas yang enak, namanya Entil, dan saya rasa cuma ada di Pupuan, ngga ada di tempat lain. Dagangan yang mirip lontong sayur ini mulai buka jam 4 sore sampai jam 7 malam menggunakan gerobak. Yang jualan satu keluarga, suami istri dan anak cowoknya. Pernah karena ngga sabaran, saya pun ikut mendorong dan bantu memasang terpal.

Entil rasanya hmmm.. enak dan mantab, biasanya disajikan dingin dengan 2 bungkus entil 1 porsinya, daunnya pun dibungkus bukan dengan daun pisang, saya lupa nama daunnya (ngga penting juga sih) trus disiram pake sayur urap dengan daging ayam yang disuir dicampur dengan parutan kelapa dan kuah yang berwarna kuning kental. Seporsinya cuma Rp, 2.500, bisa ditambah sate dan kulit atau usus ayam. Bagi anda yang kebetulan melintasi Pupuan dan mau ke arah jembrana atau seririt, ngga ada ruginya untuk mampir dan mencicipi menu khas Pupuan ini.

5 comments:

WADUH,......MASAKAN SINGARAJA SEMUA NIECH,..........JADI NGILER,......... ENAK,......BUANGET...NYAM...NYAM...NYAM,....
MASUKIN ARTIKEL BLAYAG DONK!!!!

masakan buleleng pasti nendang rasanya.... huehehehe ayo nyame buleleng join di forum http://www.gobuleleng.com. Salam kenal tiang admin-ne

Pupuan itu masuk wilayah Tabanan yaaa... bukan Singaraja. Aku yang lahir dan besar di Pupuan, jadi agak komplain nih..
Klo Singaraja ada siobaknya, memang yummy bgt.

pupuan termasuk wilayah tabanan..bukan singaraja...apakah saya yang besar di pupuan juga agak komplain..soalnya gak tau kapan ya pupuan pindah kesingaraja...tapi entil enak bngt..

Kata orang2tua didesa saya ( wongaya gede )sudah sejak dulu tiap nyambut hari raya nyepi pasti bikin entil....enak banget kalo dipadukan ama timbungan.......kira2 entilnya sama gak ya ama yang dipupuan itu